PERHITUNGAN
ALOKASI WAKTU
MATA PELAJARAN : Matematika
SATUAN PENDIDIKAN : SLTP/MTsN
KELAS :
VII
TAHUN PELAJARAN : 2015/2016
a. Rincian
jumlah minggu dalam satu tahun
No.
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
Minggu Tidak
Efektif
|
Minggu Efektif
|
1
|
Juli
|
4
|
4
|
-
|
2
|
Agustus
|
4
|
1
|
3
|
3
|
September
|
5
|
1
|
4
|
4
|
Oktober
|
5
|
1
|
4
|
5
|
November
|
4
|
-
|
4
|
6
|
Desember
|
5
|
3
|
2
|
7
|
Januari
|
4
|
1
|
3
|
8
|
Februari
|
4
|
1
|
3
|
9
|
Maret
|
5
|
1
|
4
|
10
|
April
|
5
|
2
|
3
|
11
|
Mei
|
4
|
2
|
2
|
12
|
Juni
|
5
|
3
|
2
|
Jumlah
|
54
|
21
|
34
|
b. Jumlah
jam efektif = jumlah minggu efektif × jumlah jam pelajaran per minggu
= 34 × 5
jam
= 170
jam pelajaran
c. Distribusi
Alokasi Waktu
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi waktu
|
1
|
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
8
|
2
|
Menggunakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
|
8
|
3
|
Mengenali
bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
|
4
|
|
Ulangan
Harian 1
|
2
|
4
|
Melakukan operasi pada bentuk aljabar
|
5
|
5
|
Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
|
9
|
6
|
Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
|
9
|
|
Ujian Tengah Semester
|
3
|
|
Remedial
|
2
|
7
|
Membuat
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
5
|
8
|
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
persamaan
dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
9
|
|
Ulangan Harian 2
|
2
|
9
|
Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang
sederhana
|
8
|
10
|
Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
|
8
|
|
Ujian Akhir Semester I
|
3
|
|
Jumlah I
|
85
|
11
|
Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
|
5
|
12
|
Memahami konsep himpunan bagian
|
5
|
13
|
Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (selisih), dan komplemen pada
himpunan
|
5
|
|
Ulangan
Harian 1
|
2
|
14
|
Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
|
3
|
15
|
Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
5
|
16
|
Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
|
9
|
|
Ujian Tengah Semester
|
3
|
|
Remedial
|
2
|
17
|
Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar
berpotongan dengan garis lain
|
8
|
18
|
Melukis
sudut
|
3
|
19
|
Membagi
sudut
|
5
|
20
|
Mengidentifikasi
sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
|
3
|
|
Ulangan Harian
2
|
2
|
21
|
Mengindentifikasi
sifat-sifat persegi panjang, persegi,
trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
|
8
|
22
|
Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan
segiempat serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
9
|
23
|
Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis
sumbu
|
5
|
|
Ujian Akhir Semester
II
|
3
|
|
Jumlah II
|
85
|
|
Jumlah
Seluruhnya
|
170
|
PROGRAM TAHUNAN
SATUAN
PENDIDIKAN :
SLTP/MTsN
MATA
PELAJARAN : Matematika
KELAS : VII
TAHUN
PELAJARAN : 2015/2016
No.
|
Smt.
|
Materi Pokok
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1
|
Bilangan
|
1.
Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
|
8×40 menit
|
1.2 Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
|
8×40 menit
|
||||
2
|
Aljabar
|
2.
Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
|
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur- unsurnya
|
4×40 menit
|
|
|
|
Ulangan Harian 1
|
2×40
menit
|
||
|
|
|
2.2 Melakukan
operasi pada bentuk aljabar
|
5×40 menit
|
|
|
|
|
2.3 Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel
|
9×40 menit
|
|
|
|
|
2.4 Menyelesaikan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
9×40 menit
|
|
|
|
Ulangan Tengah Semester
|
3×40
menit
|
||
|
|
Remedial
|
2×40
menit
|
||
3
|
|
3.
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
|
3.1 Membuat model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
5×40
menit
|
|
|
|
|
3.2 Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu
variabel
|
9×40
menit
|
|
|
|
Ulangan
Harian 2
|
2×40
menit
|
||
|
|
|
3.3 Mengunakan
konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
|
8×40
menit
|
|
|
|
|
3.4 Menggunakan
perbandingan untuk pemecahan masalah
|
8×40
menit
|
|
|
|
|
Ujian Akhir Semester I
|
3×40
menit
|
|
|
|
Jumlah 1
|
85×40 menit
|
||
4
|
2
|
Aljabar
|
4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam
pemecahan masalah
|
4.1 Memahami
pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
|
5×40
menit
|
|
|
|
4.2 Memahami
konsep himpunan bagian
|
5×40
menit
|
|
|
|
|
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang
(selisih), dan komplemen pada himpunan
|
5×40
menit
|
|
|
|
Ulangan
Harian 1
|
2×40
menit
|
||
|
|
|
4.4 Menyajikan
himpunan dengan diagram Venn
|
3×40
menit
|
|
|
|
|
4.5 Menggunakan
konsep himpunan dalam pemecahan masalah
|
5×40
menit
|
|
5
|
Geometri
|
5.
Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan
sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
|
5.1 Menentukan
hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
|
9×40
menit
|
|
|
|
Ulangan
Tengah Semester
|
3×40
menit
|
||
|
|
Remedial
|
2×40
menit
|
||
|
|
|
5.2 Memahami
sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis
sejajar berpotongan dengan garis lain
|
8×40
menit
|
|
|
|
|
5.3 Melukis
sudut
|
3×40
menit
|
|
|
|
|
5.4 Membagi
sudut
|
5×40
menit
|
|
6
|
Geometri
|
Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan
ukurannya
|
6.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
|
3×40
menit
|
|
|
|
Ulangan
Harian 2
|
2×40
menit
|
||
|
|
|
6.2 Mengindentifikasi
sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat
dan layang-layang
|
8×40
menit
|
|
|
|
|
6.3 Menghi
tung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
9×40
menit
|
|
|
|
|
6.4 Melukis
segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu
|
5×40
menit
|
|
|
|
|
Ulangan
akhir Semester II
|
3×40
menit
|
|
|
|
|
Jumlah 2
|
85×40
menit
|
|
|
|
|
Jumlah Seluruhnya
|
170×40
menit
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran Matematika
NIP. ................... NIP. .........................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar