Sabtu, 02 Januari 2016

Perhitungan Alokasi Waktu Berdasarkan Kaldik 2015/2016

PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU

MATA PELAJARAN            : Matematika
SATUAN PENDIDIKAN      : SLTP/MTsN
 KELAS                                  : VII
TAHUN PELAJARAN          : 2015/2016

a.       Rincian jumlah minggu dalam satu tahun
No.
Bulan
Jumlah Minggu
Minggu Tidak Efektif
Minggu Efektif
1
Juli
4
4
-
2
Agustus
4
1
3
3
September
5
1
4
4
Oktober
5
1
4
5
November
4
-
4
6
Desember
5
3
2
7
Januari
4
1
3
8
Februari
4
1
3
9
Maret
5
1
4
10
April
5
2
3
11
Mei
4
2
2
12
Juni
5
3
2
Jumlah
54
21
34

b.      Jumlah jam efektif  = jumlah minggu efektif  × jumlah jam pelajaran per minggu
                                = 34 × 5 jam
                                = 170 jam pelajaran

c.       Distribusi Alokasi Waktu
No.
Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
1
Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
8
2
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
8
3
Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
4

Ulangan Harian 1
2
4
Melakukan operasi pada bentuk aljabar
5
5
Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
9
6
Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
9

Ujian Tengah Semester
3

Remedial
2
7
Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
5
8
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
9

Ulangan Harian 2
2
9
Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
8
10
Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah
8

Ujian Akhir Semester I
3

Jumlah I
85
11
Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
5
12
Memahami konsep himpunan bagian
5
13
Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (selisih), dan komplemen pada himpunan
5

Ulangan Harian 1
2
14
Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
3
15
Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
5
16
Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
9

Ujian Tengah Semester
3

Remedial
2
17
Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
8
18
Melukis sudut
3
19
Membagi sudut
5
20
Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
3

Ulangan Harian 2
2
21
Mengindentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
8
22
Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah
9


23
Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis  berat dan garis sumbu
5

Ujian Akhir Semester II
3

Jumlah II
85

Jumlah Seluruhnya
170




PROGRAM TAHUNAN

SATUAN PENDIDIKAN                       : SLTP/MTsN
MATA PELAJARAN                  : Matematika
KELAS                                         : VII
TAHUN PELAJARAN               : 2015/2016

No.
Smt.
Materi Pokok
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
1
1
Bilangan

1.      Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan


8×40 menit
1.2  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah

8×40 menit
2
Aljabar
2.      Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur- unsurnya

4×40 menit


Ulangan Harian 1
2×40 menit



2.2  Melakukan operasi pada  bentuk aljabar
5×40 menit



2.3  Menyelesaikan persamaan linear satu variabel

9×40 menit



2.4  Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel

9×40 menit


Ulangan Tengah Semester
3×40 menit


Remedial
2×40 menit
3

3.      Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
3.1  Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


5×40 menit



3.2  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel


9×40 menit


Ulangan Harian 2
2×40 menit



3.3  Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana


8×40 menit



3.4  Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

8×40 menit



Ujian Akhir Semester I
3×40 menit


Jumlah 1
85×40 menit
4
2
Aljabar
4.      Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya


5×40 menit



4.2  Memahami konsep himpunan bagian
5×40 menit



4.3   Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (selisih), dan komplemen pada himpunan


5×40 menit


Ulangan Harian 1
2×40 menit



4.4  Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
3×40 menit



4.5  Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

5×40 menit
5
Geometri
5.      Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
5.1  Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut


9×40 menit


Ulangan Tengah Semester
3×40 menit


Remedial
2×40 menit



5.2  Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain




8×40 menit



5.3  Melukis sudut
3×40 menit



5.4  Membagi sudut
5×40 menit
6
Geometri
Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
6.1  Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya


3×40 menit


Ulangan Harian 2
2×40 menit



6.2  Mengindentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang


8×40 menit



6.3  Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah




9×40 menit



6.4  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

5×40 menit



Ulangan akhir Semester II
3×40 menit



Jumlah 2
85×40 menit



Jumlah Seluruhnya
170×40 menit



Mengetahui,                                                                                            
Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran Matematika




NIP.  ...................                                                                                    NIP.   .........................                          






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar