RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Materi Pokok
: Himpunan
Alokasi
Waktu : 20 jam pelajaran (10 x pertemuan)
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar :
1.1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan sikap logis,
kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif dan tidak
mudah menyerah dalam memecahkan masalah
2.2 Memiliki rasa ingin tahu,
percaya diri, dan ketertarikan pada Matematika serta memiliki rasa percaya pada
daya dan kegunaan Matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3 Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari
3.2 Menjelaskan pengertian himpunan, himpunan bagian, komplemen himpunan,
operasi himpunan dan
menunjukkan contoh dan bukan contoh
Indikator :
1.1.1 Memahami, menghargai, dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.1.1 Memahami dan menunjukkan
sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,
responsif dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah
2.2.1 Memahami dan memiliki rasa ingin
tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada Matematika serta memiliki rasa
percaya pada daya dan kegunaan Matematika, yang terbentuk melalui pengalaman
belajar
2.3.1 Memiliki sikap terbuka,
santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari
3.2.1 Menyatakan masalah
sehari-hari ke dalam bentuk himpunan serta mendata anggotanya
3.2.2 Menyebutkan anggota dan bukan
anggota himpunan serta notasinya
3.2.3 Mengenal himpunan berhingga
dan tak berhingga
3.2.4 Membedakan himpunan kosong
dan nol serta notasinya
3.2.5 Menentukan himpunan bagian
serta menentukan banyaknya himpunan bagian suatu himpunan
3.2.6 Memahami pengertian himpunan
semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya
3.2.7 Menjelaskan pengertian
irisan, gabungan, dan selisih dua himpunan
3.2.8 Mengenal diagram Venn
3.2.9 Menyajikan irisan dan
gabungan suatu himpunan dalam diagram Venn
3.2.10 Menyelesaikan masalah yang
menggunakan konsep himpunan
Tujuan
Pembelajaran
3.2.1 Dengan mengetahui pengertian himpunan Siswa dapat menyatakan masalah sehari-hari ke dalam
bentuk himpunan serta mendata anggotanya
3.2.2 Dengan memahami pengertian himpunan Siswa dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan serta notasinya
3.2.3 Siswa dapat mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga
3.2.4 Siswa dapat membedakan himpunan kosong dan nol serta
notasinya
3.2.5 Siswa dapat menentukan himpunan bagian serta menentukan
banyaknya himpunan bagian suatu himpunan
3.2.6 Siswa dapat memahami pengertian himpunan semesta, serta
dapat menyebutkan anggotanya
3.2.7 Siswa dapat menjelaskan pengertian irisan, gabungan, dan
selisih dua himpunan
3.2.8 Siswa dapat mengenal diagram Venn
3.2.9 Siswa dapat menyajikan irisan dan gabungan suatu himpunan
dalam diagram Venn
3.2.10 Siswa dapat menyelesaikan masalah yang menggunakan konsep
himpunan
Karakter
siswa yang diharapkan:
Disiplin, kreatif, kritis,
mandiri, rasa
ingin tahu, dan tanggung
jawab
Materi
Pembelajaran
Himpunan
Pertemuan Ke-1 s.d. 10
1.
Nama
suatu himpunan biasanya dinotasikan dengan huruf besar (kapital) seperti A, B,
C, dan seterusnya. Sedangkan anggota himpunan menggunakan huruf kecil seperti
a, b, c, dan seterusnya dan ditulis di dalam tanda
kurung kurawal {...} dengan setiap anggota himpunan dipisahkan dengan tanda koma (,).
2.
Apabila
diketahui suatu himpunan A, maka banyaknya anggota dari himpunan A dinotasikan
dengan n(A).
3.
Terdapat tiga
cara untuk menyatakan suatu himpunan yaitu: dengan kata-kata, dengan mendaftar
anggotanya, dan dengan notasi pembentuk himpunan.
4.
Beberapa
himpunan bilangan
a.
A =
himpunan bilangan asli = {1, 2, 3, 4, ...}
b.
B =
himpunan bilangan bulat = {..., -2, -1, 0, 1, 2, ...}
c.
C =
himpunan bilangan cacah = {0, 1, 2, 3, 4, 5, ...}
d.
P =
himpunan bilangan prima = {2, 3, 5, 7, 11 ...}
5.
Himpunan
berhingga merupakan suatu himpunan dengan banyak anggotanya berhingga
(banyaknya terbatas).
6.
Himpunan
tak berhingga merupakan suatu himpunan dengan banyak anggotanya tak berhingga
(sangat banyak), dan dilambangkan dengan “¥”.
7.
Himpunan
kosong adalah himpunan yang tidak memiliki anggota dan dinotasikan dengan { } atau f.
8.
Himpunan
nol adalah himpunan yang hanya memiliki 1 anggota, yaitu nol (0).
9.
Himpunan
semesta atau semesta pembicaraan adalah himpunan yang memuat semua anggota atau
objek himpunan yang dibicarakan. Himpunan semesta (semesta pembicaraan)
biasanya dinotasikan dengan S.
10.
Himpunan
A merupakan himpunan bagian B, apabila setiap anggota A juga menjadi anggota B
dan dinotasikan A Ì B atau B É A.
11.
Himpunan
A bukan merupakan himpunan bagian B. Apabila terdapat anggota A yang bukan
anggota B dan dinotasikan A Ë B.
12.
Banyaknya
himpunan bagian dari suatu himpunan adalah 2n, di mana n adalah
banyaknya anggota himpunan tersebut.
13.
Dua himpunan A dan B
dikatakan tidak saling lepas (berpotongan) jika A dan B mempunyai anggota
persekutuan, tetapi masih ada anggota A yang bukan anggota B dan ada anggota B
yang bukan anggota A.
14.
Dua
himpunan dikatakan sama, apabila kedua himpunan yang mempunyai anggota yang
tepat sama.
15.
Dua
himpunan A dan B dikatakan ekuivalen apabila n(A) = n(B).
16. Anggota
persekutuan dua himpunan disebut irisan dua himpunan, dinotasikan dengan "Ç"
(dibaca irisan atau interseksi). Irisan himpunan A dan B dinotasikan A Ç
B = {x | x Î A dan x Î
B}.
17. Menentukan
irisan dua himpunan
a.
Jika A Ì B, maka A Ç B = A dan berlaku
juga sebaliknya.
b.
Jika A = B, maka A Ç
B = A = B
c.
Himpunan A dan B
dikatakan tidak saling lepas (berpotongan) jika A dan B mempunyai sekutu,
tetapi masih ada anggota A yang bukan anggota B dan ada anggota B yang bukan
anggota A.
18.
Gabungan
A dan B dapat dituliskan: A È B = {x | x Î A atau x Î B}.
19.
Menentukan
gabungan dua himpunan
a.
Jika A Ì B, maka A È B = B
b.
Jika A =
B,
maka A È B = A = B
c.
Kedua
himpunan tidak saling lepas (berpotongan).
20.
Banyaknya
anggota dari gabungan dua himpunan dirumuskan dengan: n(A
È B) = n(A) + n(B) -
n(A Ç B).
21.
Selisih himpunan A dan
B adalah himpunan yang anggotanya semua anggota dari A tetapi bukan anggota
dari B. Dinotasikan A - B atau A\B: A
- B ={x |
x Î
A, x
Ï
B} B
- A = {x | x Î B, x Ï
A}
22. Komplemen
himpunan A adalah suatu himpunan yang anggota-anggotanya merupakan anggota S
tetapi bukan anggota A. Ac =
{x | x Î S dan x Ï
A}.
23. Sifat-sifat
operasi himpunan
a.
Sifat-sifat irisan dan
gabungan himpunan
Sifat komutatif irisan: A Ç
B = B Ç A
Sifat asosiatif irisan: (A Ç
B) Ç
C = A Ç (B Ç
C)
Sifat identitas irisan: A Ç
S = A
Sifat komplemen irisan: A Ç
Ac = Æ
Untuk setiap himpunan A, B, dan C
berlaku
A Ç
(B È
C) = (A Ç B) È
(A Ç
C)
b.
Sifat-sifat selisih
himpunan
Untuk setiap himpunan A, B, dan C
berlaku
A - (B Ç
C) = (A - B) È (A - C)
Untuk setiap himpunan A, B, C berlaku
A - (B È
C) = (A - B) Ç (A - C)
24.
Himpunan dapat
dinyatakan dalam bentuk gambar yang dikenal sebagai diagram Venn.
25. Dalam
membuat diagram Venn yang perlu diperhatikan, yaitu:
a.
Himpunan semesta (S)
digambarkan sebagai persegi panjang dan huruf S diletakkan di sudut kiri atas
persegi panjang.
b.
Setiap himpunan yang
dibicarakan (selain himpunan kosong) ditunjukkan oleh kurva tertutup.
c.
Setiap anggota
ditunjukkan dengan noktah (titik).
d.
Bila anggota suatu
himpunan banyak sekali, maka anggota-anggota tidak dituliskan.
Metode
Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 10
Pra Pendahuluan
- Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa
- Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
- Mengecek kesiapan perangkat pembelajaran siswa
Pendahuluan
Apersepsi :
- Mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari yang
berkaitan dengan materi himpunan
- Menuliskan judul materi pokok yang akan dipelajari serta Siswa
diberi pemahaman tentang himpunan
- Menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari
materi himpunan
- Memberi motivasi :
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami himpunan
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi:
1. Guru
memberikan informasi agar siswa dapat memahami himpunan
2. Guru memberikan
informasi agar siswa dapat mengenal
himpunan berhingga dan tak berhingga
3. Guru memberikan
informasi agar siswa dapat mengenal
himpunan kosong dan himpunan nol
4. Guru memberikan
informasi agar siswa dapat menentukan
himpunan bagian dari suatu himpunan
5. Guru memberikan
informasi agar siswa dapat memahami
himpunan semesta dan menyebutkan anggotanya
6. Guru memberikan
informasi agar siswa dapat menjelaskan
pengertian irisan, gabungan, dan selisih dua himpunan
7. Guru memberikan
informasi agar siswa dapat mengenal
diagram Venn
8. Guru memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar
lainnya secara disiplin, kreatif, kritis, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi:
1. Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diminta memberikan contoh himpunan
2. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diminta menentukan himpunan bagian dari suatu
himpunan
3. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diminta menentukan himpunan semesta dan
menyebutkan anggotanya
4. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diminta menentukan irisan, gabungan, dan selisih dua himpunan
5. Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diminta menyajikan masalah himpunan ke dalam
diagram Venn
6.
Siswa mengerjakan tugas latihan
soal-soal tentang himpunan pada buku Matematika 1A dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi:
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk
membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
4. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
Alat
: Laptop, LCD
Sumber belajar : - Buku paket
- Buku lain yang
relevan
- Buku
Matematika 1A
Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
1. Nyatakan himpunan-himpunan berikut dengan
notasi pembentuk himpunan!
a. {3, 5, 7, 9, 11, 13, 15}
b. {kutilang, jalak, beo,
cocak, kakak tua}
c. {A, B, AB, O}
2. Diketahui: L = {m, u, r, i}.
Tulislah himpunan bagian dari himpunan L yang mempunyai:
a. Dua anggota
b.
Tiga anggota
3. Sebutkan dua semesta
pembicaraan yang mungkin dari himpunan berikut ini!
a. {a, i, u, e, o}
b. {mobil, pesawat, kapal}
c. {apel, jeruk, stroberi}
4. Jika diketahui S = {x | x
< 9, x bilangan cacah}, A = {1, 3, 5,
7}, dan B = {2, 4, 6}. Tentukan:
a. Ac dan Bc
b. (A È B)c
dan (A Ç B)c
c. n(A), n(B) dan
n(A È B)
d. A - B dan B –
A
5. Dari
40 siswa di kelas, diketahui 25 siswa suka Matematika dan 15 siswa suka Bahasa
Inggris. Jika 12 orang suka kedua-duanya, maka berapa siswa yang tidak suka
Matematika dan Bahasa Inggris!
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar